Faktor yang mempengaruhi perkembangan anak


Halo gaes, jumpa lagi dengan Bangsholeh. Semoga bahagia, semoga tidak sedang patah hati wkwk.

Kalian pernah bukan menjadi anak kecil? Pasti pernah lah Bang haha. Oke kembali ke anak kecil. Sosok anak kecil itu akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Tumbuh? Kayak tanaman aja, berkembang lagi, kayak bunga aja hehehe. Pertumbuhan dan perkembangan ini merupakan sebuah teknis atau bisa juga disebut dengan proses.

Antara pertumbuhan dan perkembangan ini jauh berbeda ya gaes. Pertumbuhan itu lebih ke titik fisik seorang anak, sedangkan berkembang ini meliputi banyak aspek, seperti pikiran, moral, tingkah laku dan sebagainya. Dan dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan.

Udah tau kan arti perkembangan tadi, kalo belum tau baca lagi wkwkwk. Jadi perkembangan ini dapat di alami oleh setiap anak sampai dia meninggal dunia. Berbeda dengan pertumbuhan yang hanya sebatas fisik manusia saja. Perkembangan anak sangat berpengaruh terhadap masa depan dan sukses atau tidaknya cita-cita anak itu sendiri.
Cekidot kita ke pokok pembahasan.

Faktor-faktor mempengaruhi perkembangan

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi baik atau tidaknya perkembangan, yaitu sebagai berikut:

1. Nativisme

Pakar atau ahli Nativisme ini meyakini bahwa perkembangan anak itu hanya karena bawaan anak sejak lahir. Maksudnya adalah apapun yang menjadi watak, pikiran dan lain-lain yang meliputi perkembangan itu karena sejak lahir mereka sesuai dengan diri mereka yang saat ini.
Contohnya kamu aja ya yang lagi baca, hehe. Kamu itu seorang anak yang saat ini suka memberikan uang kepada teman, atau sering mentraktir temanmu makan di kantin, misalnya hehehe, tapi kalo iya ya syukur dong haha. Nah, Ahli Nativisme akan meyakini bahwa yang kamu lakukan semata-mata karena sejak lahirnya dirimu, di dalam dirimu ada kasih sayang, ada empati, ada sifat suka bersedekah dan itu sekali lagi saya jelaskan, memang dari dirimu. Dari hatimu, iya hatimu.

2. Empirisme

Nah sedangkan faktor kedua yang mempengaruhi perkembangan anak adalah empirisme. Berbeda dengan nativisme yang meyakini bahwa perkembangan hanya dipengaruhi oleh dasar atau bawaan anak sejak lahir, empirisme ini lebih menitikberatkan pada lingkungan.
Maksudnya adalah perkembangan anak akan terjadi dan berdampak pada anak, entah itu baik maupun buruk, dilihat dari lingkungan anak tersebut. Jika lingkungan yang di tempati anak dapat berdampak pada anak itu menjadi baik, maka perkembangan yang baik akan di peroleh anak, begitu pula sebaliknya, ketika lingkungan anak itu tidak mendukung pada perbaikan dan kebaikan diri anak, maka bisa dipastikan anak menjadi buruk pula.
Dari sini sudah sedikit ada pencerahan ya hehehehe.

3. Konvergensi

Faktor yang terakhir ini adalah faktor yang berada di tengah (moderat). Para ahli konvergensi ini meyakini bahwasannya perkembangan anak itu tidak hanya dari dasar sejak lahir saja, ataupun lingkungan saja, mereka meyakini bahwa anak dapat mengalami perkembangan melalui kedua faktor diatas (nativis dan empiris).

Dengan bawaan sejak lahir dan lingkungan, anak dapat berkembang dengan optimal, namun tidak menutup kemungkinan anak menjadi nakal ataupun sebaliknya.
Ketika anak mempunyai watak sejak lahir yang berasal dari gen orang tuanya, dan mempunyai lingkungan yang berbeda pasti berbeda pula perkembangan yang dialami seorang anak. Ada anak yang mempunyai dasar dari lahirnya sangat lemah lembut, ketika lingkungan tidak mendukung kelemahlembutan si anak atau lingkungannya keras, bisa dipastikan anak akan terpengaruhi lingkungannya dan menjadikan sifat anak menjadi keras.

Jadi itu ya gaes beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, yaitu ada nativis, empiris dan konvergensi. Dapat kita simpulkan bahwa bagaimanapun watak, perilaku, pola pikir dan lain sebagianya yang berkaitan dengan perkembangan anak, itu bisa berubah-ubah. Dasar anak bisa berubah karena lingkungan, lingkungan bisa karena dasar (bawaan), dan bisa jadi keduanya serasi entah perkembangan yang baik ataupun buruk.

Mungkin cukup itu ya gaes. Semoga memberi manfaat untuk kita ya. 
Salam Bang!. 


0 Response to "Faktor yang mempengaruhi perkembangan anak"

Post a Comment

Komentar dengan baik yang selaras

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel